Jokowi Ingin Pemerintah Baru Lanjutkan Pembangunan Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 26 November 2022 | 14:49 WIB
Presiden Jokowi di acara Nusantara Bersatu/Antara Foto/Melalusa Susthira
Presiden Jokowi di acara Nusantara Bersatu/Antara Foto/Melalusa Susthira

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemerintahan baru nanti tetap melanjutkan program-program yang digaungkan pemerintahan sekarang. Salah satunya, pembangunan merata di seluruh Tanah Air untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

"Yang sudah kita bangun harus kita jaga keberlanjutannya, setuju? Inilah yang harus kita jaga bersama-sama bukan hanya untuk 2024, bukan hanya untuk 2029, tapi untuk Indonesia Emas 2045 dan seterusnya," kata Jokowi pada acara Nusantara Bersatu yang digelar relawan Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.

Jokowi mengingatkan agar Kepala Negara selanjutnya tidak mengedepankan kepentingan politik sesaat. Sehingga, melupakan pembangunan yang sudah 'on the right track' atau di jalur yang tepat.

"Jangan hanya karena kepentingan sesaat, kepentingan jangka pendek, kepentingan-kepentingan politik, kemudian lupa menjaga keberlanjutan pembangunan yang telah kita mulai," kata dia.

Ia menyebut pembangunan infrastruktur selama periode kepemimpinannya merupakan fondasi penting untuk membangun Indonesia menjadi negara maju.

"Pembangunan infrastruktur besar-besaran selama delapan tahun hasilnya mulai kita rasakan, tapi akan lebih kita rasakan lima sampai sepuluh tahun yang akan datang, akan dirasakan anak cucu kita, inilah yang kita siapkan mulai sekarang," ujarnya.

Di samping dari itu, kata Jokowi, masih banyak 'pekerjaan rumah' untuk membawa Indonesia pada kejayaan. Apalagi, dunia saat ini masih dihadapkan pada situasi sulit, baik akibat pandemi covid-19 hingga tantangan ekonomi global maupun resesi.

"Saya tahu semua yang kita cita-citakan belum semuanya tercapai, oleh karena itu saya sampaikan keberlanjutan penting sekali. Kesamaan visi dan misi ke depan itu sangat penting sekali, yang sudah on the right track, di jalur yang benar harus diteruskan, dilanjutkan, setuju?" kata Jokowi.

Kepala Negara berharap dengan kerja keras seluruh elemen bangsa, Indonesia mampu menjadi negara maju yang memegang lima besar ekonomi terkuat di dunia. Terpenting, Indonesia dapay meraih masa keemasan pada 2045.

"Kita ingin GDP (Gross Domestic Product) ekonomi kita bisa capai 7 triliun dolar AS di 2045, artinya kita sudah menjadi negara maju, tapi ini tidak mudah, butuh kerja keras," kata Jokowi.sinpo

Komentar: