SMRC: Pak Bowo Menang Telak Jika Lawannya di Pilpres Puan dan Airlangga

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 27 November 2022 | 14:40 WIB
Prabowo Subianto/Tim Media
Prabowo Subianto/Tim Media

SinPo.id -  Bila pemilihan presidan hanya diikuti ketua tiga partai terbesar PDIP, Gerindra, dan Golkar maka nama Prabowo Subianto berpeluang menang dalam satu putaran.

Demikian dikutip dari temuan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Trend Dukungan Bakal Capres pasca Deklarasi” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu, 27 November 2022.

"Jika pemilihan presiden hanya diikuti oleh tiga pemimpin partai besar, Prabowo mendapatkan dukungan 55,7 persen; Puan Maharani 10,2 persen; dan Airlangga Hartarto 9,1 persen. Masih ada 25 persen yang belum menjawab," Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam presentasinya pada Minggu, 27 November 2022.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1012 atau 83 persen.

"Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling)," kata Deni.sinpo

Komentar: