Urus Pernikahan Kaesang, Pengamat: Kedekatan Erick Thohir dengan Jokowi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 09 Desember 2022 | 15:16 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (Spin) Igor Dirgantara menilai keterlibatan Menteri Bahan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam urusan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gunodo, hal lumrah. Pelibatan ini justru menunjukkan kedekatan Erick dengan Jokowi.

Ini disampaikan Igor merespons sindiran politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera terhadap Erick yang sibuk mengurus pernikahan Kaesang dan Erina. Bagi Igor, orang yang nyinyir menandakan iri pada kinerja Erick yang terbilang baik dalam mengelola BUMN. 

“Iri bilang bos! Apalagi ini mendekati tahun politik, keirian-keirian kayak gitu itu misalnya menunjukkan bahwa Erick Thohir adalah figur yang memang patut atau sangat diperhitungkan. Itu kan menunjukkan kehebatannya Erick Thohir, Menteri BUMN, punya logistik yang mumpuni dan punya kinerja baik,” kata Igor kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 9 Desember 2022.

Igor mengatakan pernyataan Mardani yang menyebut Erick seolah tidak punya pekerjaan justru keliru. Menurut dia, kalau bukan karena Erick yang melobi langsung FIFA belum tentu Indonesia selamat dari sanksi atas petaka Kanjuruhan.

Dari track recordnya, kata dia, Erick merupakan seorang menteri kesayangan Jokowi yang selalu dipercaya mengurusi banyak hal. “Secara kinerja di BUMN dia bagus, meskipun mengurus banyak hal lain,” ucapnya.

Senada dengan Igor, Ketua Umum Fraksi Muda Indonesia, Nurhidayatullah Cottong, mengatakan status Erick sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep tidak akan memengaruhi kinerjanya di BUMN. Apalagi, disebut akan menggangu kerja Erick sebagai menteri.

“Erick Thohir dipercaya Jokowi karena sudah menunjukan kinerjanya diberbagai kesempatan yang telah diberikan,” ujarnya.

Nurhidayatullah menyebut penunjukan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu dilandasi hubungan baiknya dengan Jokowi. Sehingga, kepercayaan itu diberikan kepada Erick.

“Belum lagi soal penanganan Covid-19 yang sukses, dan pemulihan ekonominya, jadi Erick Thohir sangat memiliki peranan penting dalam hal tersebut,” kata dia.

Kedekatan antara Jokowi dan Erick ini sudah terbangun lama. Kedekatan ini terbangun sejak eks Presiden Inter Milan tersebut diamanahkan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. 

Kesuksesan Asian Games 2028 menambah rasa kepercayaan Jokowi ke Erick. Erick bahkan kembali diberikan amanah sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi 2019. 

Sebagai Ketua TKN Jokowi 2019, Erick berhasil mengantarkan Jokowi menjadi orang nomor satu di Indonesia untuk periode kedua. Erick pun didapuk dengan posisi strategis sebagai Menteri BUMN. 

Di Kementerian BUMN, Erick kembali banyak menuai keberhasilan saat menjalankan penugasan dari Jokowi. Dia termasuk salah satu pemimpin yang berkontribusi dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Dengan berbagai keberhasilan itu, hubungan antara Erick bersama Jokowi menjadi lebih intim. Kini, Erick sedang diberikan kepercayaan untuk menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Pesta Rakyat Kota Solo.sinpo

Komentar: