Rayakan Hari Ibu, Pemprov DKI Gelar Women Empowerment Program

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 22 Desember 2022 | 16:05 WIB
Kadin PPKUKM Pemprov DKI Jakarta, Elisabeth Rante Allo/ Dok. Pemprov DKI
Kadin PPKUKM Pemprov DKI Jakarta, Elisabeth Rante Allo/ Dok. Pemprov DKI

SinPo.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM) menyelenggarakan Perayaan Hari Ibu Tahun 2022  melalui Women Empowerment Program, di kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. 

Kepala Dinas PPKUKM Pemprov DKI Jakarta, Elisabeth Rante Allo mengatakan, Women Empowerment Program selama ini sudah menaungi UMKM di Cilincing dan Marunda. Ia berharap program ini dapat memberikan efek positif dan berdaya bagi kaum perempuan. 

“Kawasan Cilincing dan Marunda memiliki potensi ekonomi yang besar sebagai salah satu pusat produksi batik Betawi. Di sini terbuka peluang bagi para perajin di Marunda untuk dapat memperkenalkan batik Betawi di tingkat nasional bahkan global,” kata Elisabeth dalam keterangannya, Kamis, 22 Desember 2022. 

Selain itu, Elisabeth juga berharap melalui serangkaian workshop dan pameran, program tersebut mampu melahirkan UMKM berkualitas unggul di kawasan Cilincing dan Marunda. 

“Agar UMKM semakin berkembang, bahkan hingga ke kancah global, tentu diperlukan pemahaman pasar dan strategi pemasaran yang baik. Begitu pula dengan Cilincing yang memiliki potensi hasil laut untuk dapat diolah dan dipasarkan lebih luas," ucapnya. 

Elisabeth juga berpesan kepada para UMKM yang hadir dalam kesempatan ini, dapat memanfaatkan ilmu yang didapat untuk meningkatkan wawasan kewirausahaan para ibu dan kaum perempuan. 

“Saya berharap ilmu yang diperoleh selama Women Empowerment Program dapat diimplementasikan dalam kegiatan berusaha kedepannya,” ucapnya. 

Untuk diketahui, dalam acara Perayaan Hari Ibu ini akan ada dua workshop. Pertama, workshop pengolahan minyak jelantah menjadi sabun oleh Eki Setijadi, Chief Operating Officer (COO) Jangjo Indonesia. Kedua, workshop pelatihan pembuatan makanan dan cemilan frozen oleh Ike, UMKM Kaya Halal Market, powered by KAYA.ID. 

Selain workshop, acara ini juga dimeriahkan bazar dan pameran yang diikuti oleh 35 UMKM makanan minuman serta kerajinan Cilincing Marunda, Jakarta Utara. sinpo

Komentar: