Seorang Simpatisan Lukas Enembe Tewas Ditembak

Laporan: Sinpo
Selasa, 10 Januari 2023 | 23:00 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe/ Setkab
Gubernur Papua Lukas Enembe/ Setkab

SinPo.id -  Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan seorang simpatisan Gubernur Papua Lukas Enembe tewas setelah berupaya menghalang-halangi penangkapan oleh KPK di Bandara Sentani Jayapura. Simpatisan itu diberi tembakan peringatan di bawah pinggang karena hendak memasuki area pengamanan.

"Sudah ada upaya tembakan peringatan. Dan itu pun korban ditembaknya di bawah pinggang. Itu kan memang standar untuk penembakan melumpuhkan," kata dia pada Selasa 10 Januari 2023.

Setelah insiden itu, kata dia, simpatisan itu dilarikan ke RSUD Yowari untuk mendapatkan perawatan. Nahas, nyawanya tak tertolong saat dirawat. Upaya menghalang-halangi ini dilakukan saat Enembe hendak terbang ke Jakarta, tepatnya ke gedung KPK.

"Tapi memang yang bersangkutan pada saat dilakukan perawatan di RS dinyatakan meninggal dunia," tambahnya.

Untuk diketahui, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Polri membantu KPK selama penanganan Gubernur Papua Lukas Enembe. Upaya itu, kata dia, dilakukan jika KPK meminta.

KPK menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi sejumlah proyek infrastruktur. Saat ini Lukas dibawa ke Jakarta untuk proses selanjutnya.

Sebelumnya, lembaga anti rasuah ini telah menetapkan Lukas sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur. Lukas Enembe ditangkap saat tengah makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura. Dia kemudian dibawa ke Mako Brimob Kotaraja Papua.
sinpo

Komentar: