CEO PSIS Dukung Langkah Erick Thohir Benahi Sepak Bola Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 15 Februari 2023 | 14:02 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi, yang juga CEO PSIS Semarang. Dok DPR
Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi, yang juga CEO PSIS Semarang. Dok DPR

SinPo.id - CEO PSIS Semarang A.S Sukawijaya (Yoyok Sukawi) mendukung langkah Erick Thohir yang turun langsung membenahi sepak bola Indonesia. Komitmen Erick untuk memperbaiki sepak bola bahkan disebut angin segar bagi klub di Tanah Air.

"Kabar baik untuk sepak bola Indonesia baik profesional maupun amatirnya, kami dari PSIS tentu menyambut baik perubahan-perubahan positif yang akan dibawa Pak Erick,” kata Yoyok kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Yoyok yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI juga mendukung penuh keinginan Erick membersihkan PSSI dari para mafia sepak bola yang selama ini berada di tubuh organisasi induk sepak bola Indonesia tersebut. 

“PR besar perbaikan sepak bola Indonesia adalah isu mafia bola, harus dibersihkan hingga akarnya,” kata dia.

Politisi Partai Demokrat itu menyebut rencana Erick dalam penggunaan video assistant referee (VAR) di liga Indonesia sangat tepat, agar liga Indonesia semakin profesional. Selain itu, penggunaan teknologi VAR harus dimatangkan karena sebagian besar stadion di Indonesia tidak memiliki infrastruktur dalam penggunaan teknologi VAR.

“VAR ini penting untuk sepak bola profesional, liga 1 butuh VAR, investasi sangat besar untuk VAR ini mengingat semua stadion tidak memiliki infrastruktur ini,” ucapnya.

Oleh sebab itu, program-program Erick yang baik ini perlu mendapat dukungan penuh demi terciptanya liga yang profesional. Terpenting, berdampak baik bagi sepak bola Indonesia ke depan.

“Harus didukung karena mewujudkan VAR di liga dengan demografi Indonesia negara kepulauan adalah cukup berat dan menantang,” tegas dia.

Sebelumnya, Erick turun menemui para suporter hingga klub-klub peserta Liga 1, 2, dan 3 usai ditetapkan sebagai calon Ketua Umum (Ketum) PSSI. Dia mengajak para suporter bersama-sama membenahi sepak bola Indonesia.

Kunjungan Erick Thohir ke klub dan suporter ini juga untuk mendengarkan langsung persoalan yang terjadi. Termasuk, menyampaikan program utamanya bila terpilih menjadi Ketum PSSI.

Di hadapan para suporter, Erick berkomitmen bakal melakukan pembenahan secara menyeluruh mulai dari federasi, kompetisi liga, klub, suporter, hingga wasit. Erick bahkan ingin membuat arena latihan timnas berstandar internasional.

Erick juga menargetkan kompetisi sepak bola Indonesia menggunakan VAR jika terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB), 16 Februari 2023. 

Perbaikan sepak bola Indonesia menjadi fokus pembenahan Erick jika terpilih sebagai Ketum PSSI. Mantan Presiden Inter Milan itu mengakui bukan tugas mudah untuk memperbaiki sistem sepak bola Indonesia.sinpo

Komentar: