PPP soal Nama Usulan Capres-Cawapres dari Rakornas PAN: Ada Kedekatan Emosional

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 27 Februari 2023 | 17:30 WIB
Foto: Ketua DPP PPP Achmad Baidowi/Twitter/@acbaidowi
Foto: Ketua DPP PPP Achmad Baidowi/Twitter/@acbaidowi

SinPo.id - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengamini nama Erick Thohir memang sengaja dimunculkan dalam beberapa acara internal. Erick bahkan diklaim memiliki hubungan emosional dengan PPP.

Ini disampaikan Awiek menanggapi munculnya usulan nama Ganjar Pranowo-Erick Thohir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN. PAN menyebut nama kedua tokoh itu layak diusung dalam Pilpres 2024.

"Khusus nama Pak Erick Tohir memang PPP juga dalam beberapa kesempatan menghadirkan pak Erick Thohir untuk menyapa kader PPP. Ya ada semacam kedekatan emosional," kata Awiek kepada wartawan, Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

Di sisi lain, Awiek menekankan PPP menghormati aspirasi PAN yang ingin kedua nama itu diduetkan untuk Pilpres 2024. Menurut dia, tak menutup kemungkinan ada partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) lain memiliki opsi yang sama terkait nama capres-cawapres tersebut.

"Ya sebagai sebuah aspirasi yang disampaikan oleh PAN sah-sah saja. Barangkali ada kemungkinan kesamaan dengan koalisi yang lainnya," ujar dia.

Namun, Awiek belum bisa memastikan usulan nama Ganjar-Erick itu disetujui internal PPP. Partai berlambang Ka'bah itu akan memutuskan sosok capres-cawapres sesuai mekanisme internal.

"Ya nama Pak Ganjar kan juga disebut di internal PPP dan di beberapa DPW. Ya nanti kita padukan. Tentu selain itu ada tokoh-tokoh lain, itu akan kita padukan dan putuskan sesuai mekanisme internal," tegas Awiek.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebelumnya memberi pesan kuat terkait dukungan PAN untuk Ganjar-Erick di Pilpres 2024. Ini disampaikan Zulhas dalam pidatonya saat membuka Rakornas PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 26 Februari 2023.sinpo

Komentar: