PUASA RAMADAN

Mengenal Mi Glosor, Penganan Berbuka Puasa Khas Bogor

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 27 Maret 2023 | 23:34 WIB
Mi Glosor khas Bogor (SinPo.id/ Instagram)
Mi Glosor khas Bogor (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Kuliner khas Ramadan tentu menjadi salah satu elemen yang menarik bagi yang menjalankan ibadah puasa. Tiap daerah di Indonesia biasanya memiliki penganan khas untuk disajikan saat berbuka puasa.

Salah satu penganan khas Ramadan dari Bogor yakni mi glosor. Bukan hanya namanya yang unik, tekstur mi glosor juga berbeda dengan mi pada umumnya.

Dikutip dari laman Kemenpaekraf, mi glosor terbuat dari tepung singkong atau aci. Sehingga, tekstur mi jadi licin dan mudah ditelan.

Selain itu, mi glosor terbuat dari bahan alami. Karena warna kuning pada mi berasal dari pewarna alami, yaitu kunyit.

Penyajian kuliner Ramadhan satu ini juga unik. Bukan hanya ditumis bersama dengan sayuran. Namun nantinya juga akan disajikan dengan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.

Untuk mencari mie glosor di Bogor sangatlah mudah. Tidak perlu mendatangi kedai atau restoran mewah. Cukup berkunjung ke pasar takjil yang biasa mulai berjualan sejak pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Mi glosor dapat ditemui di setiap jalan utama maupun gang-gang kecil, seperti di Jalan Bangbarung, Jembatan merah, Suryakencana hingga Lodaya. Di lokasi yang sama, kamu pun bisa menjajal makanan lain mulai dari es dawet hingga gorengan hangat.

Harga mi glosor juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000 untuk tiap porsinya. sinpo

Komentar: