KASUS PENIPUAN STIKER QRIS PALSU

Polda Metro Jaya Beberkan Tiga Modus Penipuan Stiker QRIS Palsu

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 12 April 2023 | 04:40 WIB
Ilustrasi QR Code QRIS (Pixabay/geralt)
Ilustrasi QR Code QRIS (Pixabay/geralt)

SinPo.id -  Dir Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis, mengungkapkan pelaku penipuan mempunyai tiga cara menempelkan QRIS palsu di sejumlah tempat mempunyai beberapa modus kejahatan. Menurut dia, QRIS palsu itu ditempel di masjid hingga tempat umum lain seperti bank maupun pasar.

“Bagaimana cara yang bersangkutan itu menempel? Yang bersangkutan menempel QRIS miliknya seolah-olah QRIS tersebut milik Masjid itu sendiri,” ujarnya dalam sesi jumpa pers di Mapolda Metro Jaya pada Selasa 11 April 2023. 

Cara pertama pelaku melakukan aksinya yakni dengan meniban atau ditempel di atas stiker QRIS yang sudah ada. “Jadi kalau ada ini ada QRIS Masjid, kemudian yang bersangkutan menempel QRIS-nya di atas QRIS masjid yang sudah ada,” katanya.

Cara kedua, Auliansyah juga menyebutkan bahwa pelaku menempelkan stiker QRIS palsu di tembok yang bersampingan dengan stiker yang sudah ada ataupun yang masih kosong.

Cara ketiga, pelaku menempel di sampingn QRIS yang sudah ada atau menempel di tembok lain yang berbeda-beda dari QRIS yang sudah ada.

"Atau menempel di tempat yang baru yang belum ada QRIS-nya,” ujarnya.

Lebih lanjut, terhadap tersangka disita barang bukti beberapa stiker QRIS palsu yang belum ditempelkan, serta handphone milik tersangka.

“Pada yang bersangkutan sudah kita lakukan penyitaan selain QRIS yang belum ditempel, kemudian juga ada handphone yang bersangkutan gunakan untuk melakukan perbuatan melawan hukum yang seperti tadi kami sampaikan,” jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45a ayat 1 dan atau Pasal 35 juncto Pasal 51 ayat 1 Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 80 dan atau Pasal 83 Undang-Undang nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan atau Pasal 378 KUHP.sinpo

Komentar: