Kasdam Jaya Resmi Menutup Progam TMMD 116 di Bekasi

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 08 Juni 2023 | 23:51 WIB
Prosesi penutupan TMMD ke-116 oleh Kasdam Jaya (Sinpo.id/Dispendam)
Prosesi penutupan TMMD ke-116 oleh Kasdam Jaya (Sinpo.id/Dispendam)

SinPo.id -  Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno secara resmi menutup pelaksanaan program TMMD Ke-116 di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta yang berlokasi di Kelurahan Jakamulya Bekasi Selatan Kota Bekasi, bertempat di Lapangan Stadion Mini Kecamatan Bekasi Selatan, Jl. Pulo Ribung, Galaxy, Bekasi Selatan pada Kamis, 8 Juni 2023

Sebelum menyatakan Program TMMD Ke 116 ditutup, Kasdam Jaya menerima laporan hasil pencapaian program TMMD Ke-116 TA 2023 yang disampaikan oleh Pasiterdim 0507/Bekasi Kapten Inf Tomi Abdullah dan penanggalan tanda peserta Satuan tugas TMMD Ke 116.

Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada prajurit TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta seluruh masyarakat yang terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan fisik pada TMMD kali ini yaitu melaksanakan pengecoran jalan, peningkatan saluran air dan rehab rumah tidak layak huni di Kelurahan Jakamulya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Untuk kegiatan non fisik yaitu penyuluhan bela negara, pembinaan mental masyarakat, penyuluhan kesehatan, pertanian, hukum dan Kamtibmas, perikanan/pertenakan, lingkungan hidup, posyandu/posbindu, stunting dan peningkatan pemahaman Ideologi Pancasila.

"Harapan saya agar pembangunan tersebut dipelihara, dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga memiliki usia pakai yang lama," kata Kasdam Jaya.

Sementara hasil kegiatan non fisik diharapkan bisa memberi kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tumbuhnya kesadaran dalam berkehidupan bermasyarakat serta berbangsa dan bernegara.

TMMD merupakan program Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan oleh TNI bersama Pemerintah, Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Pemda bersama masyarakat yang dilaksanakan secara bersinergi dan terintegrasi.

"Sehingga kita dapat melihat semangat kebersamaan dan gotong royong yang secara bersama-sama guna mengatasi berbagai persoalan dan problematika kesejahteraan masyarakat serta merupakan salah satu upaya alternatif percepatan pembangunan di daerah dan sebagai sarana perekat bangsa," kata Kasdam Jaya.

Hal tersebut tentunya telah banyak memberikan banyak manfaat yang besar, baik bagi prajurit maupun bagi masyarakat setempat.

"Hasilnya dapat langsung kita rasakan yaitu tumbuhnya semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis antara TNI, Instansi terkait dan Warga Masyarakat sehingga terjalinnya komunikasi dan interaksi sosial antara prajurit dengan komponen masyarakat selama pelaksanaan kegiatan TMMD ini," jelasnya.

Selain menutup kegiatan TMMD, Kasdam Jaya beserta rombongan memberikan bingkisan paket sembako kepada masyarakat di sekitar lokasi TMMD, sekaligus meninjau hasil pekerjaan fisik, yaitu meresmikan penggunaan Jalan Rawa Semut 2 di RT 05 RW 03.

Kemudian, peningkatan saluran air dan meresmikan salah satu rumah warga yang masuk dalam pengerjaan TMMD.sinpo

Komentar: