Angin Puting Beliung Menerjang Tiga Kecamatan di Kota Cimahi

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 28 Oktober 2023 | 01:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan
kondisi cuaca yang ekstrim menyebabkan angin puting beliung di Kota Cimahi, Jawa Barat, pada Rabu 25 Oktober 2023 pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan laporan yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB yang terbit pada Jumat 27 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB, peristiwa ini terjadi di tiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Cimahi Selatan, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Utara.

"Peristiwa angin puting beliung ini menyebabkan banyak rumah warga dan fasilitas umum rusak karena tertimpa pohon-pohon yang tumbang. Rata-rata kerusakan rumah ada pada bagian atapnya. Genting-genting serta atap asbes rumah warga beterbangan disapu angin puting beliung, pohon tumbang juga menutupi rel kereta api Cimindi-Cimahi," kata dia

Menurut data yang dihimpun, kerugian materil berupa, 6 unit rumah rusak sedang, 34 unit rumah rusak ringan serta merusak fasilitas umum. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun, 24 kepala keluarga atau 96 warga terdampak.

"Pasca kejadian tersebut, BPBD Kota Cimahi Bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Tagana, melakukan pemotongan serta pembersihan pohon tumbang sekaligus memberikan bantuan logistik untuk para warga yang terdampak," tambahnya

sinpo

Komentar: