Konflik di Jalur Gaza, BKSAP DPR : Selidiki Kejahatan Perang Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 30 Oktober 2023 | 06:30 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon. (SinPo.id/Istimewa)
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id -  

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, meminta komunitas internasional termasuk Pengadilan Internasional menyelidiki menyeluruh terhadap kasus kejahatan perang Israel terhadap Palestina.

"Israel melakukan kejahatan perang dengan menyerang warga sipil menggunakan white phosphorus bombs yang dilarang oleh Konvensi Geneva serta mengisolasi sekitar 2 juta warga Gaza,” kata Fadli, saat berpidato  Parliamentary Action for Peace, Justice and Strong Institutions (SDGs-16)" Sidang Umum ke-144 Parlemen Dunia di Luanda, Angola, dikutip Minggu 29 Oktober 2023.

Fadli juga ia juga mengajak semua pihak terutama negara-negara Barat untuk melihat situasi secara obyektif dan tidak menggunakan standar ganda.


"Sangat tidak dapat diterima dan memalukan jika menuduh mereka yang berjuang untuk kemerdekaan negaranya sebagai teroris dan pemberontak tapi pada saat yang sama di wilayah lain menyebut mereka sebagai pejuang kemerdekaan,” ujar Fadli menambahkan.

Ia mendesak agar semua pihak agar bisa menekan Israel untuk menghentikan serangan ke Gaza, membuka blokade untuk akses kemanusian, serta meminta negara-negara Barat untuk menghentikan dukungan terhadap Israel yang telah melakukan kejahatan perang.

Sebagai Executive Member Parlemen Dunia, ia meminta reformasi di tubuh PBB termasuk di Dewan Keamanan PBB, agar lembaga itu lebih kredibel dan efektif dalam menjalankan hukum internasional dalam rangka menciptakan keadilan dan perdamaian dunia termasuk perdamaian di Palestina.

 sinpo

Komentar: