Jokowi Jadi Utusan OKI Bertemu Joe Biden, Minta Setop Perang Israel-Hamas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 09 November 2023 | 16:32 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi utusan dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden di Washington DC, Amerika Serikat pada Senin, 13 November 2023.

Sebelum bertemua Joe Biden, Jokowi akan terlebih dulu menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI di Arab Saudi. Forum tersebut akan khusus membahas terkait konflik di Gaza, Palestina.

"Dari hasil OKI nanti, saya akan diutus untuk menyampaikan kepada Presiden Joe Biden agar perang di Hamas-Israel bisa disetop,  bisa di segera dihentikan,” kata Jokowi dalam keterangan persnya, Kamis, 9 November 2023.

Jokowi menjelaskan, KTT Luar Biasa OKI ini akan digelar di Arab Saudi pada Jumat, 10 November 2023 malam.

Sementra itu, Jokowi belum mau membeberkan poin-poin yang akan disampaikan dalam pertemuan KTT OKI. Namun, ia menegaskan pertemuan itu khusus membahas Gaza.

"Yang jelas nanti insyaallah besok malam saya akan meluncur ke Saudi Arabia untuk ikut dalam KTT OKI khusus Gaza dan dari sana nanti akan terbang ketemu dengan Presiden Joe Biden. Tapi yang dibicarakan apa nanti masih pada hari Sabtu Minggu,” tandasnya.sinpo

Komentar: