Dorong Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Diminta Segera Stabilkan Harga Beras

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 November 2023 | 16:37 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi, Ketua DPR RI Puan Maharani, meminta pemerintah segera ambil tindakan untuk menstabilkan harga beras yang terus mengalami kenaikan hingga bulan November 2023. Pasalnya, hal itu berdampak pada masyarakat yang kurang mampu.

"Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk menstabilkan harga beras. Jika dibiarkan hal ini akan berpengaruh kepada kondisi pemulihan ekonomi yang tengah dibangun masyarakat," kata Puan, dikutip Selasa 14 November 2023.

Terlebih kenaikan harga beras di awal bulan November 2023 ini terus menunjukkan angka tertinggi, hingga mencapai 10 persen. Bahkan di sejumlah pasar harga beras masih berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), sehingga membuat penjualan turun 50 persen.

Selain itu, kenaikan harga beras yang dipicu oleh biaya produksi yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, juga dapat berdampak pada kenaikan harga bahan makanan lainnya di pasaran. Oleh karena itu, harus ada kebijakan konkret dari pemerintah untuk menekan harga beras di pasaran.

"Jika tidak segera distabilkan, harga-harga komoditas lainnya akan ikut berpengaruh naik dan semakin membebani masyarakat kita," ungkapnya.

Meski demikian, Puan menegaskan untuk menyelesaikan persoalan permintaan beras harus dimulai dari sektor hulu, yaitu dari petani. Dengan cara, membuat program yang dapat meningkatkan produksi gabah. Karena jika produksi gabah naik, maka harga beras akan menurun.sinpo

Komentar: