Jokowi Minta Joe Biden Hentikan Konflik dan Kekejaman di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 November 2023 | 18:52 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden AS Joe Biden (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden AS Joe Biden (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), melakukan pertemuan terbatas dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, di Gedung Putih Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin kemarin. Kedatangannya disambut dengan iringan pasukan yang membawa bendera dari 50 negara bagian di AS.

Dalam pertemuan tersebut menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global. Sehingga ia mengajak Presiden Biden untuk turut menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza hingga saat ini.

Namun selain membahas konflik yang terjadi di Timur Tengah, kedua pemimpin juga membahas terkait peningkatan kemitraan antarkedua negara menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP). Pasalnya, AS merupakan salah satu mitra terpenting bagi Indonesia, khususnya dalam kerja sama ekonomi.

Biden bahkan mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun ini, dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan ASEAN guna memajukan kawasan Indopasifik yang bebas, terbuka, dan makmur.sinpo

Komentar: