Tampil Jenaka, RK Sebut Prabowo Buktikan Politik Riang Gembira

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 13 Desember 2023 | 12:50 WIB
Prabowo terlihat berjoget di atas panggung debat (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo terlihat berjoget di atas panggung debat (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Provinsi Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (RK), mengakui capres nomor urut 2 tampil paling jenaka dalam debat perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU).

RK menjelaskan kelucuan yang ditampilkan mantan danjen Kopassus itu sebagai bukti bahwa Koalisi Indonesia Maju ingin menampilkan politik yang riang gembira.

"Kami objektif ya, dari penampilan debat malam ini yang paling jenaka, bikin hiburan, mengurangi tensi ya, karena debat kan persepsinya itu menegangkan jadi berhasil dicairkan dengan gaya beliau (Prabowo)," kata RK sebelum meninggalkan lokasi debat di Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa malam, 12 Desember 2023.

Mantan gubernur Jabar itu mengungkapkan Prabowo memang menginstruksikan kepada seluruh tim kampanye untuk mempraktikkan politik riang gembira dalam Pemilu Serentak 2024.

Menurutnya, Instruksi itu jelas bahwa tidak hanya dilakukan saat kampanye. Namun, juga dipraktikkan saat melaksanakan debat calon presiden dan wakil presiden.

Lebih lanjut, RK menjelaskan, kejenakaan itu tidak mengurangi substansi dari visi dan misi yang disampaikan oleh Prabowo dalam setiap segmen waktu debat yang diatur oleh KPU.

"Masyarakat juga bisa melihat keseriusan sekaligus kejenakaan yang menjadi kepribadian pak Prabowo hari ini," tutur RK.

Selama pelaksanaan debat perdana yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB, Prabowo terlihat paling banyak menunjukkan bahasa tubuh yang mengundang tawa dari penonton yang hadir langsung di lokasi.

Bahasa tubuh seperti berjoget, gerakan silat, dan menggerakkan bibir kerap dipertontonkan Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, kemarin. Debat bertema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bernomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan nomor urut 3.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

 sinpo

Komentar: