Dishub DKI Pastikan Kesiapan Terminal hingga Armada Bus Jelang  Libur Nataru

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 15 Desember 2023 | 20:35 WIB
Bus AKAP di Terminal Kalideres (SinPo.id/ Ashar)
Bus AKAP di Terminal Kalideres (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah terminal utama dan bantuan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Untuk terminal utama, Dishub DKI menyiapkan Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Terpadu Pulogebang. 

"Sementara terminal bantuan yaitu Terminal Muara Angke, Terminal Lebak Bulus, Terminal Rawamangun dan Terminal Grogol," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangannya, Jumat, 15 Desember 2023.

Syafrin mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi secara intensif dengan BNN, TNI/Polri dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi awak bus dan memastikan mereka bebas narkoba.

“Kita harapkan seluruh awak bus saat masa angkutan Nataru sudah siap beroperasi dan tidak ada kendala dari sisi kesehatan pengemudi dan awak bus yang mengkonsumsi narkoba,” ujarnya.

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga bersinergi dengan Kementerian Perhubungan dan para operator bus melaksanakan pemeriksaan dan inspeksi terhadap aspek keselamatan seluruh bus yang beroperasi.

Syafrin mengatakan, pemeriksaan dilaksanakan selama masa angkutan Nataru yakni 19 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan komponen fisik yang ada di bus AKAP, masih ditemukan ketidaklayakan operasional skala minor.

“Saat ini temuan kami cukup banyak yang belum memenuhi persyaratan dan kita harapkan semuanya melakukan perbaikan khususnya dari sisi pengereman, kelistrikan, wiper-nya. Masih ada waktu sebelum masa angkutan Nataru untuk operator bus melakukan perbaikan, kami harapkan seluruhnya sudah siap beroperasi,” paparnya.

Syafrin juga meminta PO bus untuk menyiapkan bus cadangan apabila untuk mengantisipasi kekurangan bus karena membludaknya penumpang pada masa angkutan Nataru.

“Para PO bus prinsipnya siap mendukung, mereka siap backup untuk layanan pada masa tersebut,” tandasnya.sinpo

Komentar: