Mahfud Tak Percaya Surat Suara Pemilu 2024 Sudah Tiba di Taiwan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 27 Desember 2023 | 19:20 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Menkopolhukam Mahfud MD (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Mdmengaku tak percaya surat suara Pemilu 2024 sudah didistribusikan dan tiba di Taiwan. Apalagi, bentuk surat suara belum diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Surat suara apa? Di mana? Saya enggak percaya karena itu 'kan harus diumumkan dahulu seperti apa surat suaranya," kata Mahfud dalam keterangannya, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Mahfud juga ragu terhadap kabar tersebut. Namun, dia mengatakan KPU telah melewati sebuah proses bila kabar tersebut benar.

"Saya ragu kalau itu ada. Kalau itu benar, berarti KPU melewati suatu proses untuk mengumumkan dahulu surat suara. Itu 'kan harus diparaf dahulu. Bisa saja mereka belum paraf apa-apa surat suaranya," katanya.

Walaupun demikian, calon wakil presiden nomor (cawapres) urut 3 tersebut berpikir bahwa kabar surat suara telah tiba di Taiwan merupakan hoaks seperti pada Pemilu 2019.

"Jangan-jangan sama seperti pemilu dahulu. Katanya ada 8 kontainer surat suara sudah terkirim, padahal belum dijelaskan surat suara itu seperti apa. Itu 'kan harus diumumkan dahulu melalui televisi, melalui partai politik yang diundang," kata Mahfud.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyatakan pembagian surat suara Pemilu 2024 kepada pemilih di Taipei, Taiwan melanggar aturan.

"Ini 'kan bisa jadi problem karena pengirimannya tidak sesuai dengan jadwal," ujar Hasyim beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum menyebutkan ada tiga metode memilih untuk pemilih di luar negeri, yaitu tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri, kotak suara keliling (KSK), dan metode pos.

Sesuai dengan PKPU Nomor 25 Tahun 2023, pengiriman surat suara kepada pemilih melalui metode pos dimulai pada 2 hingga 11 Januari 2024. Meski demikian, panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di Taipei ternyata telah mengirim surat suara kepada pemilih pada 18 dan 25 Desember 2023.sinpo

Komentar: