Safari ke Tokoh Agama, Menko Polhukam: Demi Jaga Situasi Kondusif

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 28 Februari 2024 | 18:54 WIB
Menkopolhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/ Setkab)
Menkopolhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto menggelar safari ke tokoh agama. Langkah ini dilakukan guna menciptakan situasi yang kondusif selama pemilu.

"Saya sudah melakukan kunjungan pada PBNU. Kemudian tadi siang kita ke Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan sekarang kita ke Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan nanti malam saya menuju ke Muhammadiyah," kata Hadi di Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024.

Hadi menilai tokoh agama memiliki pengaruh yang sangat besar untuk sebagian besar masyarakat. Pengaruh inilah yang harus dipakai untuk menyampaikan pesan perdamaian selama pemilu.

Para pengikut dari setiap agama pun, kata Hadi, pasti akan mengikuti pesan damai yang disampaikan. Sehingga, perpecahan di tengah masyarakat saat masa pemilu bisa dihindari.

Hadi mengapresiasi respons baik setiap pemuka agama saat ditemui untuk membahas persatuan dan kesatuan di masa pemilu. Dia berharap seluruh tokoh agama bisa bersatu untuk menciptakan situasi yang kondusif hingga presiden dan wakil presiden terpilih secara sah.

"Para tokoh agama semuanya berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini karena kita ini bangsa besar," kata dia.

Sementara itu, Ketua PGI Gomar Gultom mengatakan ketentraman di masa pemilu dapat tercipta karena adanya budaya dialog yang kondusif.

"Ada percakapan yang lebih rutin antara elemen-elemen bangsa. Karena banyak masalah yang bisa kita hadapi, bisa diselesaikan lewat dialog atau percakapan bersama," kata Gomar.

Menurut Gomar, percakapan yang intens antara segala pihak dapat menciptakan solusi yang baik untuk mengatasi sebuah konflik. Percakapan yang intens juga dapat menimbulkan rasa toleransi antara pihak yang berbeda pandangan.

"Tentu ada perbedaan-perbedaan, tetapi semua bisa kita selesaikan dengan tekad dan semangat untuk persatuan dan kesatuan serta keamanan kita bersama," kata dia.sinpo

Komentar: