Wujudkan Pariwisata yang Berkualitas, DPR: Kapasitas SDM Harus Diperkuat

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 08 Januari 2024 | 18:37 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Lestari Moerdijat (SinPo.id/ Dok.MPR)
Anggota Komisi X DPR RI Lestari Moerdijat (SinPo.id/ Dok.MPR)

SinPo.id - Pemerintah dimimta untuk terus memperkuat sumber daya manusia (SDM), dalam rangka mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Karena kapasitas SDM yang kuat, dapat menyokong konsistensi meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Pasalnya, meski jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sepanjang tahun 2023 yang sebanyak 10,41 juta orang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2022, angka tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan kunjungan wisman di tahun 2019 yang mampu mencapai 14,7 juta.

"Tren kunjungan wisata pada tahun lalu yang membaik harus dipertahankan dengan konsisten meningkatkan kualitas pariwisata yang ditawarkan," kata anggota Komisi X DPR RI Lestari Moerdijat, Senin 8 Januari 2024.

Oleh karena itu, ia mengingatkan stakeholder terkait untuk mengikuti perencanaan pengembangan pariwisata yang telah ditetapkan dengan sebaik-baiknya, dengan memperhatikan potensi dan tantangan.

Sehingga diharapkan sektor pariwisata Indonesia tetap hidup dan mampu mensejahterakan masyarakat lokal setempat agar lebih mandiri dan berdaya. Terlebih pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menyiapkan dana pariwisata (Indonesia Tourism Fund) sebesar Rp7 triliun.

Dana tersebut, kata Lestari, rencananya akan digunakan untuk penyelenggaraan agenda pariwisata dan promosi pariwisata untuk meningkatkan citra Indonesia di mata dunia seperti World Expo, Piala Dunia, dan konser musik besar.sinpo

Komentar: