Australia Minta Israel Patuhi Hukum Kemanusiaan Internasional dalam Perang di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Januari 2024 | 08:24 WIB
Foto: ABC
Foto: ABC

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, memperingatkan Israel tentang serangannya di Gaza, dan menganjurkan agar Israel tetap mematuhi hukum kemanusiaan internasional dalam perang.

Hal itu ia sampaikan kepada Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, dan Presiden Israel, Isaac Hertzog, di Yerusalem, dalam pembicaraan diplomatik yang sekaligus untuk menunjukkan solidaritas Australia terhadap Israel.

"Kami melakukan advokasi untuk menerapkan hukum internasional dan hukum humaniter internasional secara konsisten," kata Penny, dilansir dari ABC, Rabu 17 Januari 2024.

Dia mengatakan Australia adalah teman Israel, namun dalam pidato pembukaan yang diadakan bersama Hertzog, dia memperingatkan Israel tentang masalah kemanusiaan di Gaza. Terlebih serangan Israel telah mengakibatkan puluhan ribu warga sipil di Gaza tewas.

Usai berkunjung ke Israel, hari ini dirinya juga dijadwalkan untuk bertemu dengan para pemimpin Palestina di Tepi Barat, karena sebelumnya, Australia telah mengumumkan akan memberikan bantuan sebesar USD 21,5 juta sebagai bentuk dukungan kemanusiaan kepada warga Palestina.

 sinpo

Komentar: