Golkar Bersyukur Dapat Dua Kursi DPR RI dari Dapil Jabar I

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 06 Maret 2024 | 22:13 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin (SinPo.id/ Instagram)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin bersyukur Partai Golkar memperoleh dua kursi DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Dia juga senang karena kembali terpilih sebagai legislator dari Dapil Jabar I.

"Saya bersyukur terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dari dapil ini. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung saya selama ini," ujar Nurul dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2024.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI nomor urut 1 dari Partai Golkar itu juga menekankan hasil Pileg DPR RI untuk periode 2024-2029 merupakan amanah dari rakyat. Sehingga, akan diemban oleh dirinya dengan sepenuh hati.

"Ini sekaligus menjadi tantangan bagi saya untuk membawa amanah dan harapan rakyat," ujar anggota Komisi I DPR RI itu.

Nurul mengucapkan terima kasih kepada para relawan dan kader Partai Golkar yang telah bekerja sama untuk mewujudkan hasil tersebut.

"Tanpa kerja sama mereka, kemenangan ini tidak akan terwujud," ucapnya.

Sementara itu, Nurul berharap Pemilu 2024 yang dinilai berjalan secara damai dapat menghasilkan pilihan terbaik bagi masyarakat.

Berdasarkan data yang diterima, hasil perolehan suara Partai Golkar di Dapil Jabar I mencapai 366.052 suara. Perolehan tersebut terdiri dari 300.401 di Kota Bandung dan 65.651 dari Kota Cimahi.

Pemilu 2024 meliputi pilpres, Pileg DPR RI, Pemilu anggota DPD RI, pemilu anggota DPRD provinsi, dan pemilu anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Peserta pemilu anggota legislatif (pileg) sebanyak 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pileg juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pada waktu yang sama, Pilpres 2024 yang diikuti pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.sinpo

Komentar: