Airlangga: Ekonomi Indonesia Terbukti Tangguh di Tengah Berbagai Tantangan Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Januari 2024 | 16:19 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu menunjukkan ketangguhan di tengah berbagai tantangan global dengan mencatatkan pertumbuhan di Q3-2023 sebesar 4,94 persen (yoy) atau 5,05 persen (ctc).

Bahkan level inflasi Indonesia juga terus menunjukkan kinerja baik dengan terjaga di kisaran sasaran 3,0±1 persen yakni sebesar 2,61 persen (yoy) pada bulan Desember 2023.

"Capaian tersebut salah satunya didukung sektor Perdagangan Besar dan Eceran yang mampu tumbuh sebesar 5,08 persen (yoy) dengan kontribusi sebesar 12,96 persen terhadap PDB. Sedangkan dari sisi demand, sektor Konsumsi Rumah Tangga tumbuh 5,06 persen (yoy) dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 52,62 persen," kata Airlangga, dikutip Rabu 17 Januari 2024.

Selain itu, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi juga terus meningkat, terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bulan Desember 2023 sebesar 123,8 dan lebih tinggi dibandingkan bulan November yang tercatat sebesar 123,6.

“Kinerja perdagangan juga baik dari segi ekspor positif terus. Bahkan kita positif dengan China. Nah, ini tentunya akibat daripada kebijakan hilirisasi. Dan kita tidak membayangkan bahwa kita pada titik di 2023 bahwa kita bisa positif dengan China," ungkapnya.

"Bahkan kita positif dengan hampir seluruh mitra dagang kita, dengan Eropa, dengan India, dengan Amerika. Sehingga tentu ini merupakan kunci daripada kekuatan perekonomian kita,” kata Airlangga menambahkan.sinpo

Komentar: