Pemerintah Diminta Lakukan Tindakan Antisipatif Tangani Munculnya Kasus Polio

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 18 Januari 2024 | 04:34 WIB
Ilustrasi pengobatan (pixabay)
Ilustrasi pengobatan (pixabay)

SinPo.id -  Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, pemerintah dan masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan polio, setelah munculnya kembali kasus polio di sejumlah daerah baru-baru ini.

Menurutnya, setiap daerah harus mempersiapkan ketersediaan vaksin, mendata kondisi anak, dan memastikan setiap anak telah mendapatkan imunisasi dasar lengkap, sebagai langkah antisipatif.

"Jangan sampai ada waktunya, kemudian vaksinnya tidak ada. Jadi bukan saja vaksin polio. bahkan vaksin-vaksin yang lain ya untuk yang namanya imunisasi dasar lengkap ini," kata Felly, dikutip Rabu 17 Januari 2024.

"Seluruh vaksin yang dibutuhkan untuk imunisasi dasar lengkap harus ada di seluruh pelosok negeri ini. Jadi mari untuk Dinas Kesehatan yang ada di provinsi maupun kabupaten atau kota, mari ambil perannya aktif, jangan menunggu saja," sambungnya.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam memantau perkembangan anak, termasuk segera memeriksakan anak jika mengalami tanda-tanda polio, agar dapat terdeteksi lebih dini.

"Karena ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang. Ini kita harus lakukan bersama-sama untuk mencegah anak-anak kita tidak terkena virus yang tidak kita inginkan," tegasnya.sinpo

Komentar: