Gus Mus: Urusan NU Menangkan Indonesia, Bukan Capres

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 29 Januari 2024 | 16:36 WIB
Mutasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus (SinPo.id/ Dok. PBNU)
Mutasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus (SinPo.id/ Dok. PBNU)

SinPo.id - Mutasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus menegaskan bahwa tugas Nahdlatul Ulama adalah terus memperbaiki kinerja organisasi dan berupaya memenangkan Indonesia.

Menurut Gus Mus, tugas NU bukan memenangkan salah satu calon presiden (capres) pada kontestasi politik di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Gus Mus saat memberikan tausyiyah dalam Pembukaan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama dan Halaqah Nasional Strategi Peradaban Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.

"Urusannya NU itu memperbaiki kinerja memenangkan Indonesia, bukan memenangkan capres," kata Gus Mus dalam keterangannya yang diterima, Senin, 29 Januari 2024.

Gus Mus, mengaku sempat ketar-ketir saat Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan sambutan. Ia khawatir pidato mereka menyinggung soal pilpres. Namun, kekhawatirannya itu tidak terjadi.

"Saya ini sudah ketir-ketir. Ketika ketua umum pidato, Rais Aam pidato, jangan-jangan nyinggung pilpres. Begitu nyebut pilpres, saya keluar. Itu bukan urusannya NU. Untungnya tidak,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Mus juga didapuk untuk memimpin doa. Ia melangitkan harapan Indonesia beserta bangsanya dan NU bersama warganya dirahmati Allah SWT.

"Mudah-mudahan Allah merahmati Indonesia, Allah merahmati NU, Allah merahmati warga NU, Allah merahmati bangsa Indonesia," tandasnya.

Seperti diketahui, NU kerap dikait-kaitkan dalam keberpihakan dukungannya di Pilpres 2024 ini. Sebab, organisasi islam terbesar di Indonesia ini memiliki sekitar 150 juta anggota dan simpatisan. 

Kendati demikian, sejak awal Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menyatakan NU akan netral dalam kontestasi pemilu baik pilpres maupun pemilihan legislatif.sinpo

Komentar: