Amankan Debat Pamungkas Pilpres 2024, 2.992 Personel Gabungan Diterjunkan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 04 Februari 2024 | 10:50 WIB
Para paslon capres-cawapres di KPU RI (Sinpo.id/Ashar)
Para paslon capres-cawapres di KPU RI (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id - Polri menerjunkan 2.992 personel gabungan untuk pengamanan debat kelima Pilpres 2024. Debat pamungkas dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 4 Februari 2024. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, ribuan Personel yang diterjunkan berasal dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait.

Personel yang terlibat pengamanan akan ditempatkan di ring 1 area debat, di ring 2 sekitar lobby, pintu masuk JCC, kemudian di ring 3 sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan area GBK Senayan.

“Pola Pengamanan hari ini sudah kami persiapkan jauh jauh hari sebelumnya. Kita evaluasi pola pengamanan debat sebelumnya, sehingga pengamanan hari ini akan lebih baik,” kata Susatyo, dalam keterangannya.

Untuk arus lalu lintas di sekitar JCC, kata Susatyo, masih normal. Menurutnya belum ada penutupan jalan.

“Penutupan atau pengalihan arus lalu lintas nanti melihat dinamika situasi di lapangan. Bila nanti menjelang kedatangan Paslon terjadi kepadatan kendaraan, maka tentunya kami akan prioritaskan kendaraan paslon,” ujarnya.

Polisi, lanjut Susatyo, siap melakukan pengamanan segala bentuk kegiatan masyarakat. Terlebih kegiatan debat pilpres nanti malam

“Kami selalu tekankan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk bertindak persuasif, melayani, humanis dan netral,” tukasnya.sinpo

Komentar: