Prabowo Tawarkan Bangun Pabrik Untuk Atasi Impor Ponsel

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 22:01 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/Tkn)
Prabowo Subianto (SinPo.id/Tkn)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto akan membangun pabrik ponsel di Indonesia jika terpilih pada Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Prabowo saat merespons jawaban capres nomor 1 Anies Baswedan terkait strategi teknologi informasi di Indonesia.

Awalnya moderator debat memberi pertanyaan kepada Anies terkait impor ponsel tahun 2023 mencapai Rp30 triliun, padahal anggaran membangun pabrik ponsel tak sampai setengah triliun.

"Kalau saya selalu solutif dan tindakan, kalau memang hanya setengah triliun, perlu kehendak politik, ya bangun itu pabrik segera," kata Prabowo merespon jawaban Anies, Minggu, 4 Februari 2024.

Prabowo menyebut, untuk mewujudkan hal tersebut, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai. Karenanya, ia akan mempersiapkan pendidikan bagi generasi bangsa di bidang teknologi hingga matematika.

"Jadi program kami memberi beasiswa tadi saya sudah katakan, 10 ribu kedokteran, 10 ribu di bidang science, technology, engineering, dan mathematics," ujarnya.

"Kita ambil yang terpinter dari Indonesia, kita kirim ke luar negeri, kita bangun fakutas-fakutas STEM yang lebih banyak lagi di Indonesia. Baru kita rebut teknologi,"tandasnya.sinpo

Komentar: