Rusia Tuding Ukraina Ancam PLTN Zaporizhzhia dengan Drone

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 17 Februari 2024 | 09:59 WIB
Kawasan PLTN Zaporizhzhia (SInPo.id/DW)
Kawasan PLTN Zaporizhzhia (SInPo.id/DW)

SinPo.id - Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan pesawat tanpa awak di kota Enerhodar, yang terletak di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pasukan Ukraina melancarkan serangan drone tempur dan salah satunya merusak gedung administrasi.

"Tiga drone lainnya berhasil dihancurkan oleh electronic warfare (perangkat militer untuk energi elektromagnetik)," tulis pernyataan Kemlu Rusia dikutip dari laman Anadolu, Sabtu, 17 Februari 2024.

Kyiv disebut menunjukkan ketidakpeduliannya terhadap berfungsinya kembali fasilitas nuklir untuk tujuan damai dan keinginannya untuk mencapai tujuan kriminalnya dengan cara apa pun. Termasuk dengan menciptakan ancaman terhadap kehidupan dan kesehatan personel PLTN.

“Kami berharap otoritas Badan Energi Atom Internasional akan mengambil langkah bertanggung jawab dan dengan tegas menyebut Kyiv sebagai satu-satunya sumber ancaman terhadap berfungsinya PLTN,” kata pernyataan tersebut.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, yang terbesar di Eropa dan termasuk 10 terbesar di dunia, telah berada di bawah kendali Rusia sejak awal tahun 2022.

Sejak saat itu, ketakutan akan bencana nuklir terus berlanjut karena Rusia dan Ukraina saling menuduh melakukan penembakan di dekat PLTN itu.sinpo

Komentar: