Terbang ke Israel, Direktur CIA Temui Benjamin Netanyahu

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 18 Februari 2024 | 10:52 WIB
Direktur CIA William Burns (SinPo.id/ Times of Israel)
Direktur CIA William Burns (SinPo.id/ Times of Israel)

SinPo.id - Direktur CIA William Burns melakukan kunjungan mendadak ke Israel, Kamis, 15 Februari 2024. Kunjungan tersebut untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat tinggi Israel.

Channel 12 Israel menyebut, Burns bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan kepala Mossad David Barnea setelah tiba di sana.

"Harian Yedioth Ahronoth mengatakan kunjungan tersebut terkait dengan penolakan Netanyahu untuk mengirim delegasi keamanan ke Mesir untuk melanjutkan pembicaraan mengenai kesepakatan pertukaran sandera dengan Hamas," tulis harian tersebut, dikutip dari laman Anadolu, Minggu, 18 Februari 2024.

Belum ada komentar dari kantor Netanyahu mengenai laporan tersebut.

Para pejabat dari Israel, Mesir, Qatar dan Amerika Serikat (AS) pada Selasa mengadakan pertemuan di Kairo untuk membahas gencatan senjata di Gaza dan pertukaran sandera antara Hamas dan Israel.

Pekan lalu, Hamas mengusulkan rencana tiga tahap untuk gencatan senjata di Gaza yang mencakup jeda pertempuran selama 135 hari dengan imbalan pembebasan sandera, menurut sumber Palestina.

Namun Netanyahu menolak tawaran Hamas untuk melakukan gencatan senjata. Dia bersumpah untuk melanjutkan perang di Gaza sampai “kemenangan telak” atas kelompok Palestina.

Israel yakin bahwa 134 warga Israel ditahan di Gaza setelah tentara Israel berhasil membebaskan dua sandera di kota Rafah di selatan Jalur Gaza pada Senin.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 28.663 orang dan menyebabkan kehancuran massal dan masyarakat di sana kekurangan kebutuhan pokok.

Israel dituduh melakukan genosida dalam sebuah gugatan di Mahkamah Internasional. Dalam keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida, dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.sinpo

Komentar: