Menlu Norwegia Serukan Gencatan Senjata di Gaza dan Solusi Dua Negara

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 23 Februari 2024 | 06:41 WIB
Ilustrasi Gaza (pixabay)
Ilustrasi Gaza (pixabay)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide mengatakan bahwa negara-negara “harus angkat bicara dan membela” prinsip-prinsip hukum kemanusiaan baik dalam konflik Israel-Palestina maupun Rusia-Ukraina.

Barth Eide, pada Rabu 21 Februari 2024, berbicara kepada media di sela konferensi kelompok negara G20 di Rio de Janeiro. Ia mengatakan tidak melakukan hal tersebut akan "mendorong persepsi bahwa ada standar ganda" mengenai kedua konflik yang tengah berlangsung itu.

Menlu Norwegia menyerukan gencatan senjata di Gaza. Ia juga mengatakan bahwa negaranya bekerja sama dengan mitra-mitra untuk “mengembangkan rencana perdamaian komprehensif bagi Palestina” dan “meningkatkan” bantuan kemanusiaan.

Para menteri dari negara-negara G20, termasuk AS dan Rusia, memulai diskusi bebas mengenai ketegangan dunia saat ini dan cara-cara meningkatkan organisasi multilateral – prioritas yang ditetapkan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, bersamaan dengan mengatasi perubahan iklim dan mengurangi kemiskinan.

Namun berlanjutnya perang Rusia dan Ukraina serta perang di Gaza, para diplomat tidak optimistis bahwa proposal untuk meningkatkan tata kelola global akan disetujui dengan mudah di G20. [ka/rs]sinpo

Komentar: