Pulau Untung Jawa Hadirkan 'Hajatan Budaya Desa Wisata' pada Sabtu Ini

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 24 Februari 2024 | 05:23 WIB
Pulau Untung Jawa (Lionmag.id)
Pulau Untung Jawa (Lionmag.id)

SinPo.id -  Boring dengan hiruk pikuk kota di akhir pekan dan ingin merasakan suasana yang beda? Gak ada salahnya, kalau mencoba melancong ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Menghadirkan berbagai acara menarik untuk kalangan milenial,

Kenapa harus Pulau Untung Jawa? Ya, mumpung di sana bakal ada acara meriah pada akhir pekan ini. Jadi, selain bisa menikmati panorama pantai, kita juga merasakan kemeriahan berbalut nuansa tradisional yang dikemas dalam acara bertajuk 'Hajatan Budaya Desa Wisata'.    

Menurut Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, Hajat Budaya Desa Wisata yang akan digelar, Sabtu 24 Februari 2024 besok, merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan warga secara swadaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pulau Untung Jawa ke-70.

Kepulauan Seribu akan Gelar Hajatan Tradisi Budaya

“Perhelatan ini banyak mengandung nilai sejarah, seni dan budaya yang dikemas secara menarik," katanya, Jumat 23 Februari 2024

Sidartawan menjelaskan, warga Pulau Untung Jawa merupakan sebelumnya menghuni Pulau Ubi, lantaran terkena abrasi, mereka secara bertahap dipindahkan ke Pulau Untung Jawa pada 1949 hingga 1954. Kemudian pada 1969, Pulau Ubi secara resmi tidak berpenghuni.

Proses perpindahan inilah yang ditetapkan menjadi hari jadi Pulau Untung Jawa dan diperingati rutin setiap tahun oleh warga lewat hajatan desa.

"Acara ini juga menghadirkan berbagai acara menarik untuk kalangan milenial," ucap Sidartawan.

Ketua Panitia Gelar Budaya Desa Wisata Pulau Untung Jawa, Rusli menjelaskan, rangkaian acara ini meliputi Tasyakuran dan Doa Bersama, Tengok Kampung, dan Tolak Bala Nelayan. Selain itu juga ada bazar makanan tradisional, aneka lomba, pentas seni dan hiburan masyarakat.

"Pastinya acara nanti akan meriah karena diisi berbagai aneka kuliner, budaya dan kesenian yang menjadi ciri khas Pulau Untung Jawa," tandasnya.sinpo

Komentar: