Libur Lebaran, 12.056 Wisatawan Datangi Kepulauan Seribu

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 13 April 2024 | 12:49 WIB
Kepulauan seribu (SinPo.id/Beritajakarta)
Kepulauan seribu (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Kepulauan Seribu masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta untuk menghabiskan waktu libur Lebaran. Sejak 8-11 April 2024 tercatat ada 12.056 wisatawan datang berkunjung.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan mengatakan, wisatawan tersebut masuk ke Kepulauan Seribu dari empat pintu masuk yaitu Pelabuhan Muara Angke, Marina Ancol, Tanjung Pasir dan Dermaga Cituis.

"Kami mencatat ada 11.588 wisatawan lokal dan 468 mancanegara yang berekreasi di Kepulauan Seribu," ujar Sonti dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 13 April 2024.

Sonti memprakirakan kunjungan wisatawan ke pulau permukiman maupun resort akan terus meningkat hingga H+5 Lebaran atau Senin, 15 April.

"Umumnya mereka berwisata ke Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, dan Pulau Pramuka," ujarnya.

Petugas Tourist Information Center Pulau Tidung, Helmayuri menuturkan, mulai 8-11 April 2024 ada 1.743 orang wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang.

"Peningkatan kunjungan wisatawan mulai terjadi dibandingkan hari biasanya," ungkapnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan, petugas gabungan menyiagakan posko pengamanan di depan Dermaga Utama Jembatan Cinta.

"Biasanya wisatawan memadati area pantai Jembatan Cinta yang menjadi ikon Kepulauan Seribu. Saat malam hari, terdapat air mancur bergoyang di tempat itu yang bisa dinikmati pengunjung," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Kemayoran, Ilhamia Hamdalah (37) mengaku sengaja mengajak anak-anaknya untuk liburan ke Pulau Tidung.

"Kami berlibur dua hari di sini. Bisa sambil mengenalkan biota laut di perairan Jakarta. Anak-anak sangat senang sekali," tandasnya.sinpo

Komentar: