Kolumnis Amerika Sorot Kemenangan Prabowo Satu Putaran: Transisi Mulus

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 01 Maret 2024 | 10:20 WIB
Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (SinPo.id/Tim Media)
Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (SinPo.id/Tim Media)

SinPo.id - Dari hasil perhitungan sementara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan perolehan sekitar 58 persen. Hal ini semakin menepis peluang putaran kedua Pilpres 2024 pada Juni mendatang.

Kolumnis Wes Martin menyorot hal ini di situs asal Amerika, Townhall. Martin adalah pensiunan kolonel yang menjabat sebagai Perwira Senior Antiterorisme pertama untuk semua Pasukan Koalisi di Irak.

Ia menulis bahwa potensi kemenangan satu putaran Prabowo merupakan transisi mulus untuk pergantian kepemimpinan era Joko Widodo (Jokowi). Opini yang diterbitkan pada Kamis (29/2) itu juga mengatakan, pilpres satu putaran di RI akan menghemat waktu dan biaya negara.

Prabowo dinilai berhasil mengikuti keberhasilan dan popularitas Jokowi dalam kontestasi, di mana hal ini merupakan pekerjaan yang sulit ditaklukan oleh siapa pun.

“Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia telah menjadi negara demokrasi yang dinamis dan sukses,” tulisnya.

Ia juga menyorot kemenangan Prabowo di negara berpenduduk ratusan juta jiwa ini, di mana tercatat 50% dari populasi yang merupakan Gen Z (setelah 1996) dan Milenial (setelah 1980).

Mereka dominan memilih Prabowo, ketimbang 2 lawannya yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar; dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Mereka menyukai sikap tegas Prabowo yang bakal melanjutkan arah politik Indonesia untuk menjauhkan diri dari pengaruh asing.

“Hal ini sangat penting, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga keamanan global,” kata Martin.

Martin mengatakan, popularitas kepemimpinan Prabowo ini seharusnya membuat Amerika Serikat mengakui kemajuan yang telah dicapai oleh rakyat Indonesia dalam memperbaiki negaranya, dan mempertahankan keamanan di kawasan. 

Terlebih, menurutnya Indonesia adalah negara yang sedang bangkit dan sangat cocok untuk investasi serta perdagangan internasional. Semakin kuat Indonesia secara ekonomi dan politik, maka Indonesia akan semakin mampu meningkatkan perannya dalam stabilitas regional dan internasional.sinpo

Komentar: