KPU Targetkan Rekapitulasi Hasil Suara Luar Negeri Selesai Siang Ini

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 04 Maret 2024 | 08:32 WIB
Anggota KPU RI Idham Holik. (SinPo.id/Tio)
Anggota KPU RI Idham Holik. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik menyampaikan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Nasional serta Penetapan Hasil Pemilu Serentak Tahun 2024 untuk suara luar negeri sudah berjalan 90 persen. Karenanya, KPU menargetkan, rekapitulasi hasil suara di luar negeri akan selesai hari ini, Senin siang, 4 Maret 2024, setelah dimulai sejak 26 Februari 2024 lalu.

"Mudah-mudahan besok (Senin) siang Insya Allah mungkin selesai," kata Idham kepada wartawan pada Minggu, 4 Maret 2024.

Idham menjelaskan, lebih dari 90 persen panitia pemilihan luar negeri (PPLN) telah menyelesaikan pembacaan dokumen formulir D hasil, kecuali Kuala Lumpur yang dijadwalkan akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU), pada 9-10 Maret 2024.

"PPLN Kuala Lumpur itu belum. Karena memang kami juga masih melakukan komunikasi intens ya dengan pihak-pihak terkait tentang rencana PSU," tuturnya.

Lebih lanjut, Idham mengakui ada sedikit dinamika dalam pelaksanaan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi Pemilu 2024 di luar negeri yang dibacakan oleh PPLN. Namun, persoalan itu terselesaikan dengan baik.

"Proses rekapitulasi hasil perolehan suara dari luar negeri yang dilakukan oleh KPU RI itu alhamdulillah berjalan lancar," ujarnya.sinpo

Komentar: