AS Siap Kerjasama Jika Prabowo-Gibran Terpilih sebagai Presiden RI

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 07 Maret 2024 | 01:14 WIB
Amerika Serikat
Amerika Serikat

SinPo.id -  Amerika Serikat siap bekerjasama dengan Indonesia jika pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming terpilih sebagai presiden-wakil presiden di Pilpres 2024. Hal itu diungkap oleh Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby dalam konferensi pers di Gedung Putih, Selasa 5 Maret 2024. 

"Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilu," kata Kirby dikutip dari whitehouse.gov, Rabu 6 Maret 2024.

AS memantau penghitungan suasa Pilpres Indonesia. AS menjalin hubungan baik dengan Prabowo sejak menjadi Menhan. Ia berharap hubungan itu berlanjut sampai Prabowo terpilih jadi presiden.

"Kami memahami Menteri Subianto memiliki keunggulan yang signifikan. Kami menjalin kerja sama yang sangat baik dengannya sejak dia menjadi Menteri Pertahanan. Dan tahukah Anda, jika dia akhirnya terpilih, maka kami berharap dapat melanjutkan hubungan itu," ujarnya

Presiden AS Joe Biden menantikan kerja sama dengan pemerintahan Indonesia yang baru nantinya. Kirby mendorong kerja sama kemitraan strategis.

"Presiden menantikan keterlibatan awal dengan pemerintahan baru dan memperkuat kerja sama kita di bawah kemitraan strategis," ujarnya.sinpo

Komentar: