Menlu AS: Gencatan Senjata di Gaza Tergantung Hamas

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 10 Maret 2024 | 03:41 WIB
Gaza (pixabay)
Gaza (pixabay)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan, Jumat 8 Maret 2024 bahwa Hamas yang akan menentukan apakah gencatan senjata akan diberlakukan di Gaza dalam waktu dekat.

Berbicara menjelang pembicaraan di Washington dengan delegasi dari Turki, Blinken mengatakan AS terus berupaya mencapai gencatan senjata di Gaza, meskipun ada laporan pada Kamis 7 Maret bahwa para juru runding Hamas telah meninggalkan pembicaraan yang berlangsug di Kairo, Mesir.

“Pada saat ini, pada detik ini, kami juga sangat fokus untuk melihat apakah kita bisa mencapai gencatan senjata,” kata Blinken kepada wartawan.

“Dan di sini, masalahnya adalah Hamas. Masalahnya adalah apakah Hamas akan memutuskan atau tidak apakah akan ada gencatan senjata yang akan menguntungkan semua orang. Keputusan ada di tangan mereka. Kami berupaya keras mewujudkannya."

Blinken juga merujuk pada rencana pengiriman bantuan ke Gaza melalui laut yang diumumkan oleh Presiden AS Joe Biden dalam pidato kenegaraannya pada Kamis malam.sinpo

Komentar: