Gebyar Padusan, Tradisi Warga Boyolali Sambut Ramadan

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Maret 2024 | 05:40 WIB
Acara Gebyar Padusan
Acara Gebyar Padusan

SinPo.id -  Acara Gebyar Padusan digelar di Boyolali pada Sabtu 9 Maret dan Minggu 10 Maret 2024. Acara digelar di Umbul Sungsang Pengging dan Umbul Tlatar dimeriahkan oleh pentas musik.

Untuk Gebyar Padusan yang bertempat di Pengging, diawali dengan kirab budaya dari kantor Kecamatan Banyudono hingga Umbul Ngabean Pengging. 

Di Umbul tersebut ritual padusan dilakukan oleh beberapa duta wisata sebagai simbolis masyarakat Boyolali.

Acara ini merupakan agenda tahunan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali jelang bulan suci Ramadan.

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali Budi Prasetyaningsih, mengatakan 
kegiatan Gebyar Padusan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya tentang padusan yang mempunyai falsafah membersihkan diri jiwa dan raga. 

"Untuk masyarakat, jaga keselamatan karena ini wisata air walau kami sudah ada tim untuk memantau mereka, dan padusan ini perlu dilestarikan." kata dia

Dilanjutkannya, event ini untuk meningkatkan pariwisata di Kota Susu. Meski tidak ditargetkan, pengunjung event Gebyar Padusan ini bisa mencapai 10 ribu lebih.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat yang menghadiri secara langsung acara Gebyar Padusan sangat mengapresiasi terselenggaranya tradisi sejak jaman dulu ini. 

Baginya, kegiatan semacam ini merupakan bentuk membangun Kabupaten Boyolali dengan terus menjaga nilai budaya dan tradisi. Tak lupa, ia mengucapkan selamat berpuasa bagi masyarakat Kabupaten Boyolali.

"Harapan kita, apa yang kita laksanakan ini merupakan bagaimana Kabupaten Boyolali ini terus menjaga, nguri-uri budaya kita, seni, tradisi dan ini semua adalah satu hal yang baik, positif." ungkapnya.sinpo

Komentar: