Golkar Sebut Kenaikan Suara Signifikan Berkat Dukung Prabowo-Gibran

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Maret 2024 | 19:00 WIB
Pasangan Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Ashar)
Pasangan Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, salah satu penyebab kenaikan suara Golkar di Pemilu 2024 karena mendukung pasangan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Selama pemilu, Prabowo dekat dengan Golkar dan juga memasang alat peraga kampanye partai bersama Prabowo-Gibran.

"Begitu juga dengan Pak Prabowo. Kami juga minta izin sama Pak Prabowo karena Pak Prabowo empat kali datang ke sini dan selalu pakai baju kuning, kami minta izin kalau caleg-caleg kami atau APK-APK kami itu dipasangkan gambar Pak Prabowo-Gibran, tapi nuansanya kuning semua. Apakah itu ada efeknya? Mungkin bisa jadi ada efeknya," kata Doli kepada wartawan, dikutip Senin 11 Maret 2024.

Selain itu, Doli menyebut ada faktor Presiden Joko Widodo. Tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi tinggi. Golkar sebagai partai pendukung pemerintah mendapatkan dampaknya.

"Kami juga berterima kasih dan merasa beruntung karena mungkin salah satunya juga tadi karena approval rating Pak Jokowi cukup baik, Golkar selama ini hubungannya juga cukup baik dengan Pak Jokowi, ya, mungkin bisa jadi ada efeknya," katanya.

Di samping itu, Golkar juga menyiapkan caleg-caleg terbaiknya untuk meraih suara. Faktor internal ini juga jadi penyebab kenaikan suara partai.

"Jadi memang kemudian yang bertarung itu adalah orang-orang yang sudah teruji di lapangan, yang dikasih surat tugas, dan mereka melaporkan kegiatan-kegiatan mereka dalam rangka mendekatkan diri," kata Doli.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis partainya mendapatkan jumlah kursi DPR RI yang signifikan. Partai Golkar diyakini menang di 15 provinsi berdasarkan hasil sementara rekapitulasi penghitungan perolehan suara  Pemilu 2024 oleh KPU RI.

"Saya juga mengapresiasi prediksi  bahwa Partai Golkar akan memperoleh kursi yang signifikan, signifikan itu di atas 100; dan dari hasil perencanaan yang disiapkan selama dua tahun. Alhamdulillah memberikan hasil karena Partai Golkar menjadi partai pemenang di 15 provinsi," kata Airlangga saat konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu malam, 10 Maret 2024.sinpo

Komentar: