Empat Masjid Bersejarah di Kota Tangerang untuk Wisata Religi

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 15 Maret 2024 | 00:57 WIB
Salah Satu Masjid di Kota Tangerang (https://tangerangkota.go.id/)
Salah Satu Masjid di Kota Tangerang (https://tangerangkota.go.id/)

SinPo.id -  Kota Tangerang yang dikenal dengan julukan kota akhlakul karimah ini memiliki banyak masjid. Tak hanya sebagai tempat beribadah, masjid-masjid ini juga memiliki sejarah panjang hingga cocok untuk dijadikan wisata religi.

Berikut adalah rekomendasi masjid-masjid di Kota Tangerang di laman tangerangkota.go.id yang memiliki sejarah dan bisa dijadikan destinasi wisata religi.

1. Masjid Kalipasir

Masjid Kalipasir merupakan masjid tertua yang menyimpan sejarah peradaban Islam di Kota Tangerang. Berdiri sejak 1576 M, Masjid Kalipasir menjadi simbol keharmonisan antaretnis dan umat beragama dengan struktur bangunan yang memiliki ornamen bercorak Tionghoa dalam bentuk pagoda di atap kubah masjid berwarna emas.

Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sering dikunjungi dari berbagai kalangan usia dan daerah. Masjid Kalipasir berada di Jalan Kalipasir RT 002/RW 004, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

2. Masjid Agung Al – Ittihad

Masjid yang berlokasi di Jalan Kisamaun, Sukarasa, Kecamatan Tangerang ini letaknya sangat strategis berada di jantung Kota Tangerang. Sehingga banyak masyarakat yang datang untuk beribadah atau melakukan kegiatan keagamaan di sana.

Selain itu, Masjid Al – Ittihad memiliki sejarah tersendiri, karena bangunan berlantai tiga ini merupakan tempat bekas penjara tahanan politik pada masa Jepang menguasai Indonesia yaitu tahun 1942 hingga 1945.

3. Masjid Raya Al-A'zhom

Masjid terbesar dan termegah yang menjadi kebanggaan dan ikon Kota Tangerang ini, dapat menampung 15.000 jemaah. Dibangun tanpa tiang penyangga dengan 5 kubah saling menopang di tengahnya, melambangkan 5 rukun Islam dan salat 5 waktu.

Menariknya, halaman masjid memiliki empat payung besar seperti di Madinah yang menjadi daya tarik masyarakat. Masjid Raya Al-A'zhom yang berlokasi di Jalan Satria - Sudirman, RT.001/RW.001, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, sering dijadikan sarana pusat kegiatan keislaman dan festival.

4. Masjid Pintu Seribu

Masjid Agung Nurul Yaqin atau lebih sering dikenal dengan Masjid Pintu Seribu merupakan salah satu masjid tertua di Kota Tangerang. Berdiri pada tahun 1978, dirikan oleh Syekh Ami Al-Faqir Mahdi Hasan Al-Qudrotillah Al-Muqoddam, yang masih keturunan keenam dari Syekh Syarif Hidayatullah Cirebon atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Tak hanya sebagai tempat beribadah, di masjid ini juga ada makam dari Syekh Ami Al-Faqir berserta keluarganya. Sehingga banyak yang datang dari berbagai daerah seperti Jawa dan Sumatera ke Masjid Pintu Seribu untuk berziarah dan wisata religi. sinpo

Komentar: