PASCA PEMILU 2024

Pasca Pemilu 2024, Hadi: Situasi Nasional Kondusif

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 15 Maret 2024 | 16:54 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/ Tio Pirnando)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/ Tio Pirnando)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan, situasi nasional setelah pemungutan suara dalam Pemilu 2024, dalam keadaan kondusif dan aman terkendali. 

"Secara umum, situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali," kata Hadi usai rapat koordinasi (rakor) membahas penanganan situasi pasca Pemilu 2024 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024. 

Hadi memastikan, pemerintah akan terus memantau setiap proses yang berjalan, terutama rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perhitungan suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Adapun mengenai unjuk rasa yang masif belakangan ini, menurut Hadi, masih dalam skala kecil hingga sedang.

"Permasalahan-permasalahan yang dikatakan tadi unjuk rasa, itu memang ada, tapi saya sampaikan skalanya masih kecil dan memang kecil menuju sedang," kata Hadi. 

Karena itu, Kemenko Polhukam terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mengantisipasi agar demonstrasi yang terjadi tidak semakin membesar.

"Intelijen baik dari BIN, BAIS, terus memantau perkembangan tersebut untuk tetap menjaga situasi tetap kondusif seperti saat ini," ujar Hadi.

Lebih lanjut, mantan Panglima TNI ini mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga situasi supaya tetap kondusif. Sebab, keberhasilan Pemilu merupakan kerja sama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Agar tetap kondusif dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," tukas Hadi.

Dalam rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, diikuti oleh Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Ada juga Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Kepala BIN Budi Gunawan, Kabaintelkam Komjen Suntana dan Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca.sinpo

Komentar: