Pilkada DKI

Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta, Pengamat: Belum Pasti Menang

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 17 Maret 2024 | 10:53 WIB
Anies Baswedan usai pemilihan (Foto/Sinpo)
Anies Baswedan usai pemilihan (Foto/Sinpo)

SinPo.id - Muncul wacana Anies Baswedan maju kembali di Pilgub DKI Jakarta 2024. Anies bisa maju lagi melalui NasDem, PKS, dan PKB yang membawa nama Koalisi Perubahan.

Namun, maju menjadi calon gubernur belum tentu pertarungan mudah bagi Anies. Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai, belum tentu Anies bakal mudah menjadi Jakarta 1.

"Seandainya Anies didorong lagi maju lagi apakah bisa menang, belum tentu bisa menang juga," katanya ketika dihubungi, Minggu 17 Maret 2024.

Karena masih perlu menghitung juga siapa yang akan menjadi lawan berat Anies. Serta dengan siapa Anies akan maju ke pertarungan Pilgub DKI Jakarta.

"Kan tergantung, tergantung lawannya siapa. Karena itu pasangannya juga siapa," kata Ujang.

Menurut Ujang masih ada tokoh yang memiliki kesempatan untuk maju dari NasDem, PKS, dan PKB. Seperti Ahmad Sahroni, Ida Fauziah, dan Mardani Ali Sera.

"Dalam soal Anies peluang dimajukan lagi saya lihatnya belum tentu, masih fifty fifty bisa juga dimajukan tokoh lain," katanya.

Meski sudah pernah menjadi calon presiden, Anies maju lagi sebagai calon gubernur bukan hal yang aneh di Indonesia. Karena ada pengalaman Nur Mahmudi Ismail yang merupakan seorang menteri, maju menjadi wali kota.

"Sama saja ada capres kalah maju di pilgub. Dalam politik kita mungkin-mungkin saja," ujarnya.

Ujang pun melihat, kalau Anies sampai terpilih menjadi gubernur, maka posisinya bakal menjadi anak buat Prabowo Subianto yang menjadi Presiden RI.

"Kalau Anies maju lagi, lalu menang ya itu nanti kalau Prabowo jadi presiden, gubernur perwakilan pemerintah pusat di provinsi, kalau Anies nanti menang, jadi anak buahnya Prabowo, anak buahnya presiden," katanya.sinpo

Komentar: