Pengamat: Anies Kemungkinan Maju Kembali di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 17 Maret 2024 | 13:30 WIB
Anies Baswedan dalam suatu momen (Foto/Sinpo)
Anies Baswedan dalam suatu momen (Foto/Sinpo)

SinPo.id - Anies Baswedan diwacanakan maju lagi di Pilgub Jakarta 2024. Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menilai opsi tersebut bisa diambil Anies Baswedan yang kalah pada Pilpres 2024.

Herry mengatakan, kemungkinan tersebut terbuka bagi Anies. Kalau sampai terjadi menjadi sebuah peristiwa yang unik.

"Ada kemungkinan hal ini pun terjadi. Jika ini terjadi maka menjadi peristiwa unik dalam politik Indonesia," katanya saat dihubungi Minggu 17 Maret 2024.

Menurut Herry, opsi menjadi gubernur Jakarta kembali bisa diraih Anies dengan mudah. Terlihat pada perolehan suara Anies di Jakarta sebagai calon presiden yang masih sangat tinggi.

"Anies maju jadi Cagub DKI memiliki peluang kemenangan besar. Terbukti di Pilpres Anies masih unggul dari kandidat lain. Artinya Jakarta bisa jadi opsi karir politiknya," katanya.

Anies perlu mempertimbangkan partai-partai apa saja yang akan mengusungnya dan siapa yang akan mendampinginya bila maju kembali di Pilgub Jakarta.

"Anies pun dalam menentukan maju tidak di Pilgub, setidaknya mempertimbangkan beberapa hal diantaranya partai pengusung dan calon wakilnya juga. Termasuk bagaimana kedepannya peluang UU DKJ itu terbentuk dan pengaruh IKN yang akan mempertegas posisi Jakarta yang tidak lagi menjadi ibukota negara," ujar Herry.sinpo

Komentar: