Lebaran 2024

Menhub: 28,4 Juta Penduduk Jabodetabek Mudik Lebaran Tahun Ini

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 17 Maret 2024 | 13:35 WIB
Ilustrasi mudik. (freepik)
Ilustrasi mudik. (freepik)

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada 28,4 juta orang dari Jabodetabek bakal mudik lebaran tahun 2024 ini. Hal itu sebagaimana dari survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub bersama Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para pakar dan akademisi.

“Sebesar 14,6 persen atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik lebaran 2024,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konfrensi pers, Minggu 17 Maret 2024.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, Robby Kurniawan menerangkan jumlah pergerakan masyarakat Jabodetabek yang akan mudik Lebaran mengalami kenaikan dibanding tahun 2023 lalu. Di mana, pada tahun 2024 hanya 54,31 persen masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

“Jadi memang perlu diantisipasi,” tuturnya.

Robby juga memaparkan terkait moda transportasi yang dipilih oleh masyarakat Jabodetabek untuk melakukan perjalanan mudik. Paling banya, mereka menggunakan kereta api disusul dengan bus, mobil pribadi, sepeda motor dan kapal penyebrangan.

Kemudian, kata Robby, kebanyakan daerah yang dituju dari masyarakat Jabodetabek adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur dan Yogyakarta.

“Terbanyak menuju Jawa Tengah dengan 34,17 persen,” ungkapnya.sinpo

Komentar: