Mudik Lebaran

Mayoritas Warga Jabodetabek Berangkat Mudik H-4 Lebaran

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 17 Maret 2024 | 14:08 WIB
Ilustrasi lalu lintas arus mudik lebaran. (SinPo.id/Antara)
Ilustrasi lalu lintas arus mudik lebaran. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada 28,4 juta orang dari Jabodetabek bakal mudik lebaran tahun 2024 ini. Mayoritas warga Jabodetabek memilih berangkat mudik ke kampung halaman sejak H-4 lebaran.

Begitu disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, Robby Kurniawan dalam konfrensi pers secara dari, Minggu 17 Maret 2024. Menurutnya, pemilihan hari berangkat untuk warga Jabodetabek berbeda dengan sejumlah wilayah nasional.

“Untuk pemilihan hari berangkat, untuk Jabodetabek, refensi masyarakat beperegian dari mulai H-4 paling tinggi, disusul H-3 dan H-2,” ujar Robby.

Menurut Robby, H-4 lebaran itu akan ada 5,20 juta warga Jabodetabek berangkat mudik ke kampung halaman. Kebanyakan masyarakat memilih pergi mudik pada pagi hari di sekitar jam 07.00-10.00 WIB.

“Pemilihan waktu rata-rata memilih dari jam 07.00-10.00 WIB,” jelasnya

Kemudian, untuk arus balik dari kampung halaman, Robby berkata berdasarkan data survei itu masyarakat Jabodetabek akan kembali kebanyakan pada H+3 lebaran.

“Harapannya memang dari hasil survei Ini sangat menentukan. Oleh karena itu perlu dibantu sosialisasi agar terjadi penyebaran dan tidak terjadi penumpukan,” ucap dia.

Sekedar informasi, survei dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub bersama Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para pakar dan akademisi.sinpo

Komentar: