LEBARAN

Kemenhub Fasilitasi 39.289 Tiket Mudik Gratis Angkutan Laut

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 21 Maret 2024 | 06:43 WIB
Kapal Laut (pixabay)
Kapal Laut (pixabay)

SinPo.id -  Direktur Perhubungan Laut, Antoni Arif Priadi mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan Kemenhub memberikan Tiket Gratis angkutan laut. Sebanyak 49 ruas tiket gratis telah tersebar di seluruh pelabuhan Indonesia, dengan total keseluruhan 39.289 tiket penumpang gratis.

"Program Mudik Gratis dan Tiket Gratis ini merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendukung mobilitas masyarakat serta meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan selama periode mudik Lebaran tahun 2024," kata dia dalam keterangannya pada Rabu 20 Maret 2024.

Program ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan sepeda motor di jalan raya selama periode mudik. Kemenhub juga telah menginisiasi program Mudik Gratis Sepeda Motor serta penyaluran Tiket Gratis untuk angkutan laut. Program ini juga dapat mengurangi beban jalan raya yang terjadi akibat mobilitas yang tinggi.

"Pada ruas Mudik Gratis Sepeda Motor Jakarta-Semarang, sebanyak 9.600 penumpang dan 4.800 sepeda motor akan mendapatkan akses gratis untuk melakukan perjalanan mudik," kata dia

Untuk pendaftarannya dan mendapatkan tiket gratis, masyarakat dapat langsung menghubungi operator pelayaran yang ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan RI. Dengan total peserta mencapai 48889 penumpang ekonomi dan 4.800 sepeda motor yang tersebar di 50 ruas trayek pelabuhan, dia berharap program ini dapat memberikan kemudahan dan dukungan bagi para pemudik dalam perjalanan mereka menuju kampung halaman.

"Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pemudik, dan semoga perjalanan mereka dilimpahkan dengan keselamatan dan keberkahan," kata dia

Proses pendaftaran untuk program mudik gratis ini dapat dilakukan melalui website resmi mudikgratis.dephub.go.idsinpo

Komentar: