Warga Jepang Belajar Islam dalam Indonesia Islamic Cultural Festival

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 April 2024 | 02:37 WIB
Indonesia Islamic Cultural Festival
Indonesia Islamic Cultural Festival

SinPo.id -  Keluarga Masyarakat Islam Indonesia bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Gelar Festival Budaya Islam Indonesia (Indonesia Islamic Cultural Festival) di Balai Indonesia Tokyo, Minggu, 31 Maret 2024. Kegiatan yang digelar bertepatan dengan bulan Ramadhan ini diikuti oleh lebih kurang 500 orang warga Jepang dan Indonesia.

Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Tokyo Meinarti Fauzie saat membuka acara menjelaskan kegiatan ini bertujuan menampilkan wajah Islam dalam budaya masyarakat Indonesia yang mengedepankan konsep Islam Rahmatan lil Alamin.

"Ini adalah konsep yang mengembangkan hubungan antar manusia yang beragam. Menghormati perbedaan dan memprioritaskan persatuan meskipun berbeda keyakinan dan suku bangsa adalah nilai yang dikedepankan. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama erat masyarakat Indonesia dan Jepang dalam memperkenalkan kekayaan budaya Islam di Indonesia kepada masyarakat Jepang," ujar Meinarti Fauzie. Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua KMII Zahrul Muttaqin.

"KBRI Tokyo senantiasa mendukung dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mempromosikan citra positif Indonesia di luar negeri. Termasuk dalam mempromosikan budaya dan kehidupan sosial beragama yang penuh cinta kasih dan kedamaian seperti yang ditunjukkan dalam festival budaya Islam,  yang diprakarsai oleh KMII beserta Masjid Indonesia Tokyo (MIT) sore ini," tambahnya.

Warga Jepang yang hadir di acara ini terlihat antusias mengikuti rangkaian acara. Diantaranya mengunjungi Masjid Indonesia di Tokyo, menikmati pertunjukan Tari Piring, belajar kaligrafi, dan mencoba mengenakan busana Muslim

Mereka juga berkesempatan mengikuti tausiah dari Sensei Sugimoto Kyoichiro dari Chiba Islamic Culture Center. Dalam tausiahnya Sensei Sugimoto menjelaskan konsep dasar Islam dan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Ia juga menjelaskan bahwa Islam mengajarkan pentingnya menghormati sesama manusia, dan menjaga etika dalam berbicara dan bertindak.

Naoyasu Tsuji, salah seorang warga Jepang yang tinggal di Kanagawa mengaku berkesan dengan Festival Budaya Islam Indonesia ini.

“Senang sekali. Lebih fresh dan terbuka untuk semua. Ada banyak orang Jepang yang ikut bahkan yg non muslim. Penjelasan dari Sensei Sugimoto juga membuat orang Jepang tertarik belajar Islam," kata Naoyasu Tsuji, ayah 1 anak tinggal di Prefektur Kanagawa.

Acara ditutup dengan buka puasa bersama menikmati hidangan khas Indonesia. Sebagai kenang-kenangan, warga Jepang yang hadir mendapatkan buku terjemahan Quran dalam bahasa Jepang yang mudah dipahami.
sinpo

Komentar: