Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Tetap selama April 2024

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 April 2024 | 02:48 WIB
Ilustrasi SPBU
Ilustrasi SPBU

SinPo.id -  PT Pertamina (Persero) memutuskan tidak ada perubahan harga jual BBM non subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) pada April 2024. Harga BBM Pertamax cs masih sama seperti Februari 2024.

"Berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri ini, maka manajemen memutuskan untuk tidak menaikkan harga di bulan April ini," ujar kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangannya pada Minggu 31 Maret 2024.

Menurut dia, penyesuaian harga BBM non subsidi merupakan hasil evaluasi oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi formula harga yang berlaku

Keputusan tidak melakukan perubahan harga mengacu pada beberapa aspek antara lain Keputusan Menteri ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM.

Saat ini harga Pertamax adalah Rp 12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp 14.400 per liter, Dexlite Rp 14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter. Harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%.

Pertamina Patra Niaga berkomitmen memberikan harga BBM yang terbaik sebagai wujud Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability dan Sustainability bagi masyarakat hingga pelosok negeri, tidak hanya kota besar.

Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menetapkan harga yang kompetitif bagi masyarakat sekaligus memastikan distribusi hingga pelosok negeri tetap dapat dilakukan dengan maksimalsinpo

Komentar: