TKN: Prabowo Diundang Xi Jinping dalam Kapasitas Menhan RI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 01 April 2024 | 10:33 WIB
Menhan Prabowo Subianto. (SinPo.id/Istimewa)
Menhan Prabowo Subianto. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - TKN Prabowo-Gibran Rakabuming Raka menjelaskan Prabowo Subianto diundang Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

"(Prabowo ke Tiongkok) Dalam kapasitas sebagai Menhan undangannya," kata Jubir TKN Prabowo-Gibran, Herzaky Mahendra Putra, kepada wartawan pada Minggu, 31 Maret 2024.

Herzaky menyebut kunjungan Prabowo ke Tiongkok untuk mempererat hubungan kerja sama antara kedua negara. Terutama di bidang pertahanan.

"Bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping mengundang Prabowo untuk berkunjung ke Tiongkok. Kementerian Luar Negeri China mengatakan undangan dari Xi ke Prabowo itu menunjukkan kuatnya hubungan Tiongkok dengan Indonesia.

"Kunjungan Pak Prabowo ke Tiongkok akan menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sebagai Presiden terpilih. Hal ini sepenuhnya menunjukkan kuatnya hubungan Tiongkok-Indonesia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian.

Dia mengatakan Prabowo akan berkunjung ke Tiongkok pada 31 Maret hingga 2 April 2024. Dia mengatakan Prabowo akan melakukan pertemuan dengan Xi hingga PM Tuongkok Li Qiang.

"Mereka akan bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama," ujarnya.sinpo

Komentar: