Mudik Lebaran 2024

Ketua MPR Ajak Warga Mudik H-4 Lebaran untuk Hindari Puncak arus

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 01 April 2024 | 23:11 WIB
ilustrasi mudik (SinPo.id/ Pixabay.com)
ilustrasi mudik (SinPo.id/ Pixabay.com)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak warga untuk mengatur waktu keberangkatan mudik dengan baik. Warga bahkan disarankan berangkat mudik pada H-4 Lebaran 2024.

Menurutnya, kepolisian juga perlu memetakan titik-titik yang berpotensi rawan macet selama periode mudik sebagai informasi kepada masyarakat atau pemudik. Sehingga, para pemudik tidak terjebak di kemacetan dan masyarakat dapat menghindari titik-titik jalan yang diprediksi rawan macet.

"Meminta Korlantas Polri agar berkolaborasi hingga pengelola jalan tol dalam mengatur arus lalu lintas dan membuat jalur alternatif agar kemacetan yang terjadi di arus mudik dan balik bisa terurai dan teratasi," kata Bamsoet dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Dia mengatakan Korlantas Polri perlu mengoptimalkan kinerja tim urai yang terdiri dari Polwan dan menempatkan rambu-rambu lalu lintas guna membantu pemudik mempersiapkan antisipasi jika kepadatan arus lalu lintas terjadi.

Selain itu, dia meminta personel kepolisian nantinya melakukan pengaturan khusus di titik penyempitan (bottle neck) hingga rest area atau tempat peristirahatan yang masih menjadi potensial terjadinya perlambatan.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan memastikan koordinasi pengamanan dalam Operasi Ketupat 2024 berjalan dengan baik.

Aan Suhanan pun telah meninjau sejumlah pusat komando (kendali operasi) atau command center yang terdapat di ruas jalan tol mulai dari Km 29 hingga KM 188 Tol Cipali.

Polri menggelar Operasi Ketupat 2024 selama 13 hari, dimulai dari 5 sampai 16 April dengan melibatkan sekitar 155.165 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.sinpo

Komentar: