MUDIK LEBARAN 2024

H-2 Lebaran, Terminal Pulo Gebang Berangkatkan 1.567 Penumpang

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 08 April 2024 | 17:58 WIB
Suasana penumpang di Terminal Pulo Gebang (SinPo.id/Youtube SinPoTV)
Suasana penumpang di Terminal Pulo Gebang (SinPo.id/Youtube SinPoTV)

SinPo.id - Komandan Regu Terminal Pulo Gebang, Mujib Tamrin mengatakan, para penumpang yang diberangkatkan dari  Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, pada H-2 Lebaran Idul Fitri 2024, sebanyak 1.567 orang.

"Penumpang hari ini sesuai data yang ada, terhitung dari jam 00.00 WIB sampai dengan jam 14.25 WIB, kita sudah memberangkatkan 132 bus AKAP dengan jumlah penumpang 1.567 orang, dengan berbagai tujuan seperti halnya Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata Mujib, dikutip dari program "Menyapa Keluarga" SinPo TV, pada Senin, 8 April 2024.

Namun, menurut Mujib, kepadatan penumpang pada H-2 ini mengalami penurunan dibanding dua hari lalu, 6-7 April. Pada Sabtu, 6 April, jumlah penumpang mencapai 5.491 orang, sedangkan Minggu, sebanyak 5.873 orang.

Untuk tujuan perjalanan penumpang, lanjut Mujib, tidak ada perubahan sejak H-7. Yaitu, rata-rata menuju Pulau Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Untuk rata-rata tujuan penumpang, sebelum H-7 itu untuk keberangkatan ke Sumatera, sudah terlihat lonjakannya. Dan sampai sekarang terlihat rata-rata ke arah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah untuk H-2 ini," kata Mujib.

Adapun keberadaan Posko Terpadu di Terminal Pulo Gebang ini bekerja sama dengan TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), ditambah dari Gerakan Pramuka.

"Mereka yang ada di Posko Terpadu ini sifatnya untuk memberikan rasa aman, nyaman, layanan khususnya kepada para pemudik di 2024 ini," ujarnya.

 Selain itu, pihak Terminal Pulo Gebang juga memeriksa kondisi bus, kesehatan para kru dan sopir, sebelum berangkat.

"Kita ada juga teman-teman penguji kendaraan. Jadi sebelum bus AKAP diberangkatkan  diwajibkan untuk kru, driver atau supir untuk melakukan cek kesehatan, cek urine, dan lain sebagainya agar mereka mengemudi bisa sehat, lancar sampai tujuan," tukasnya.sinpo

Komentar: